Kamis, 10 November 2016

Serangan ganoderma menghancurkan kebun kelapa sawit

Beberapa tahun terakhir perkebunan kelapa sawit mengalami ancaman serius yang menimbulkan kerusakan fatal sampai bisa membunuh pohon-pohon kelapa sawit dengan cepat dan menyebar ke seluruh lahan. Inilah serangan penyakit yang paling ditakutkan oleh perkebunan kelapa sawit.
Serangan penyakit ini adalah ulah jamur Ganoderma yang menginfeksi lahan perkebunan dan pohon kelapa sawit. Awal serangan jamur Ganoderma pada kelapa sawit memang sulit diketahui, karena jamur Ganoderma berkembang di jaringan batang, tiba-tiba pohon kelapa sawit roboh dan mati seolah tanpa penyebab.

Gejala awal serangan jamur ganoderma ini pada pohon kelapa sawit dapat kita ketahui dengan melihat daun pucuk pohon kelapa sawit yang tidak membuka, beberapa hari kemudian pelepah menggantung, serangan terparah akhirnya batang pohon kelapa sawit menjadi lapuk dan hancur, maka sering disebut penyakit Busuk Pangkal Batang kelapa sawit.

Ini contoh hasil survei kami dilahan kelapa sawit yang terserang Ganoderma

Dari hasil survei kami, bahwa lahan perkebunan kelapa sawit yang sudah melakukan Replanting / penanaman ulang, kemudian sisa bongkahan batang tidak dibersihkan akan menjadi sumber awal jamur Ganoderma akan berkembangbiak dengan baik. Kemudian spora-spora jamur Ganoderma yang berjumlah milyaran tsb akan menyebar ke seluruh lahan perkebunan, yang siap untuk menginfeksi pohon kelapa sawit. Jadi sesehat apapun tanaman kelapa sawit, jika lahan sakit terinfeksi spora jamur ganoderma ini tetap akan terinfeksi dengan cepat.

Kami sering menerima laporan seperti ini " minggu ini ada 5 pohon kelapa sawit yang roboh, minggu berikutnya ada 20 pohon, minggu berikutnya lagi lebih banyak lagi. Apa penyebabnya ? "

Sungguh mengerikan serangan Ganoderma ini bisa memporak-porandakan perkebunan kelapa sawit, jika kita tidak berbuat sesuatu yang intens untuk terhindar dari serangan jamur Ganoderma. Penggunaan jenis Pestisida Kimia memang dianjurkan, namun sayangnya banyak kami menerima laporan bahwa tidak ada hasil yang memuaskan penggunaan pestisida kimia untuk mencegah serangan ini, karena jamur Ganoderma menginfeksi jaringan akar dan batang yang kurang efektif dijangkau oleh pestisida kimia.

Solusi terbaik untuk mencegah serangan jamur Ganoderma ini adalah pengendalian secara biologis, yaitu memanfaatkan jenis agenhayati yang menjadi musuh alami dari jamur Ganoderma tsb.

Adapun agenhayati yang merupakan musuh alami jamur Ganoderma adalah Jamur Trichoderma.sp.  Dimana diketahui bahwa Jamur Trichoderma selama ini banyak dimanfaatkan sebagai bio fungisida atau fungisida ramah lingkungan untuk melindungi tanaman dari serangan penyakit yang dibawa oleh jamur-jamur patogen pembawa penyakit. Sifat antagonis Trichoderma yaitu menginfeksi hifa jamur-jamur patogen hingga mematikan jamur-jamur patogen tsb.  Lihat selengkapnya : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar