Senin, 07 November 2016

Mengembangbiakan Agenhayati Trichoderma.sp

Setelah kami jelaskan apa itu Jamur Trichoderma dan apa saja fungsi Jamur Trichoderma ? Pada posting terdahulu ( baca : Klik Disini ).  Nah,. Pada posting kali ini kami ingin menjelaskan cara membuat dan mengembangbiakan jamur Trichoderma.sp.


Sebelumnya, yang perlu kita ketahui bahwa untuk membuat jamur Trichoderma terlebih dahulu kita harus memeliki biang induk Trichoderma berupa F0 ataupun turunanny F1.  Biang induk Trichoderma F0 biasanya dikembangkan pada media PDA di laboratorium, memang agak sulit dilakukan oleh kita yang tidak memeliki fasilitas lab yang memadai.

Sedangkan biang induk Trichoderma F1 didapatkan dari hasil pengembangbiakan F0 Trichoderma ke Media padat seperti beras, jagung, dan bokatul. Biang induk F1 Trichoderma inilah banyak dimanfaatkan untuk dikembangbiakan lebih banyak lagi secara massal sehingga menjadi keturunan ke 2, ke 3 dan ke 4.

Proses pengembangbiakan biang induk F1 Trichoderma ini pada umumnya diturunkan ke media berupa beras yang diolah atau dimasak dengan tujuan untuk disterilkan. Proses pemasakan beras menjadi media nasi setengah matang kemudian didiamkan untuk didinginkan. Setelah media dingin, maka biang induk F1 Trichoderma yang sudah disediakan dicampurkan ke media beras tsb.

Proses ini berlangsung selama 7 hari maka seluruh permukaan media beras akan dikontaminasi oleh spora-spora jamur Trichoderma. Trichoderma hasil pembiakan di media beras tsb siap diaplikasin ataupun dibiakkan lagi menjadi generasi keturunan selanjutnya dengan proses yang sama.

Untuk mendapatkan biang induk F1 Trichoderma ini, kami menyediakannya :

Kami menyediakan Biang F1 Trichoderma.sp :
- Kemasan Botol Volume 600 ml
- Bentuk Granul
- Harga Rp.100.000 per botol
- Kontak 0812 7466 4892
- Selengkapnya :  KLIK DISINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar