Sabtu, 12 November 2016

Akhirnya obat penyakit Busuk Pangkal Batang Tanaman Lada, Ditemukan !

Tanaman Lada merupakan tanaman unggulan perkebunan Indonesia, menjadi primadona komoditi unggulan Indonesia. Namun beberapa tahun terakhir produksi Lada sempat menurun drastis akibat serangan yang pentakit yang mematikan, yaitu : Penyakit Busuk Pangkal Batang Tanaman Lada.
Tanaman Lada terserang penyakit Busuk Pangkal BBatang akan mengalami layu hingga mati total. Karena serangan penyakit busuk pangkal batang ini menyerang akar dan pangkal batang tanaman lada.


Penyebab penyakit busuk pangkal batang tanaman lada adalah infeksi dari jamur penyakit yaitu jamur : Phytopthora capsici. Jamur ini menyerang tanaman lada sangat cepat dan menular dengan mudah melalui aliran air, udara, alat-alat pertanian, sentuhan manusia, dsb. Dalam waktu tidak lama bisa menghancurkan tanaman lada per satuan luas lahan. Penyakit busuk pangkal batang lada ini sangat ditakutkan oleh petani pekebun lada.

Maka dari itu pihak-pihak peneliti banyak melakukan penelitian untuk mencegah serangan penyakit busuk pangkal batang pada tanaman lada. Karena banyak aplikasi pestisida kimia kurang efektif menjangkau serangan penyakit yang mematikan ini.

Para peneliti akhirnya berkesimpulan bahwa pengendalian secara biologis adalah solusi tepat pengendalian penyakit busuk pangkal batang lada ini, yakni dengan memanfaatkan agenhayati sebagai musuh alami dari Jamur Phytopthora capsici penyebab penyakit busuk pangkal batang tanaman lada tsb. Adapun musuh alami jamur Phytopthora capsici adalah agenhayati jamur Trichoderma.sp


LANGKAH PENCEGAHAN SECARA ORGANIK SUPAYA TANAMAN LADA TERHINDAR DARI PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG : 

1.  Pada saat pengolahan lahan dianjurkan penaburan jamur Trichoderma di lubang tanam, sehingga jamur Trichoderma bisa berkembang biak di media tanah lubang tanam.  Jamur Trichoderma ini secara alami akan melindungi perakaran tanaman lada serta melawan jamur-jamur patogen pembawa penyakit seperti jamur-jamur diatas.

2.  Tanaman lada umur 3 bulan setelah tanam, dianjurkan kembali menaburkan jamur Trichoderma ke lubang tanam. ataupun juga bisa dengan cara penyemprotan Trichoderma cair ke tanaman lada

3.  Tanaman lada umur 12 bulan setelah tanam, dianjurkan kembali menaburkan jamur Trichoderma ke lubang tanam. ataupun juga bisa dengan cara penyemprotan Trichoderma cair ke tanaman lada

4. Penaburan Trichoderma ini dianjurkan setiap 6 bulan setelah tanaman lada umur lebih 1 tahun 

CARA MENDAPATKAN JAMUR TRICHODERMA : 

Kami menyediakan Jamur Trichoderma.sp :

1. Jamur Trichoderma berbentuk granul 
- Kemasan botol 
- Volume 600 ml
- Harga Rp.100.000 


2. Jamur Trichoderma berbentuk larutan Cair
- Kemasan Drigen
- Volume 5 liter
- Harga Rp.250.000


KONTAK PERSON :
0812 7466 4892

Lihat selengkapnya :  KLIK DISINI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar