Senin, 07 November 2016

Mengenal Agenhayati : Trichoderma.sp sebagai Biofungisida

Trichoderma.sp merupakan spesies mikroorganisme dari jamur (fungi). Trichoderma.sp hidup di alam biasanya ditemyi atau diisolasikan dari permukaan tanah yang subur banyak mengandung bahan organik dan juga biasa diisolasikan dari perakaran tanaman yang sehat.


Jamur Trichoderma.sp belakangan ini diketahui banyak berperan dalam dunia pertanian, yaitu banyak digunakan sebagai starter/biang aktif dalam membuat pupuk kompos / pupuk organik. Dimana Jamur Trichoderma ini mampu berperan cepat mengurai serat-serat bahan-bahan organik yang digunakan untuk membuat kompos seperti jerami padi, rerumputan, tandan kosong kelapa sawit, dsb.

Peranan Trichoderma.sp selain sebagai starter/biang pengomposan, juga berperan aktif sebagai agenhayati pelindung tanaman dari serangan penyakit yang disebabkan oleh jamur patogen pembawa penyakit.  Dimana dalam hal ini Trichoderma.sp berperan sebagai jamur antagonis, yang secara alami melawan / membunuh jamur patogen penyebab penyakit pada tanaman dengan cara merusak hifa jamur patogen tsb. Maka dari itu jamur Trichoderma ini disebut sebagai Bio-Fungisida atau Fungisida organik ramah lingkungan.

Contoh penerapan aplikatif penggunaan jamur Trichoderma.sp sebagai Bio-Fungisida yaitu :

1. Perkebunan
- Penaburan Trichoderma.sp di sekitar perakaran tanaman Kelapa Sawit dalam mencegah serangan penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan oleh Jamur Ganoderma
- Penaburan Trichoderma.sp di sekitar perakaran tanaman Karet dalam mencegah serangan penyakit Jamur Akar Putih
- Penaburan Trichoderma.sp di sekitar perakaran tanaman Lada dalam mencegah serangan penyakit busuk pangkal batang dan ganggang pirang
- dll

2. Hortikultura
- Penaburan Trichoderma.sp pada bedengan tanam tanaman Cabe, tomat, kentang, dll untuk mencegah serangan penyakit layu fusarium, rebah kecambah, busuk daun dan batang, maupun busuk buah
- Penaburan Trichoderma.sp sekitar perakaran tanaman pisang untuk melindungi serangan jamur Fusarium yang dapat menimbulkan layu fusarium pada tanaman pisang.
- dll

3. Pangan & Palawija
Pada sektor tanaman pangan & palawija juga banyak ditemui penyakit yang diserang oleh jamur, hal ini sangat dianjurkan penggunaan agenhayati Trichoderma.sp untuk melindungi tanaman dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh jamur parogen.

Jika anda berminat untuk aplikasi Trichoderma.sp ini ke lahan pertanian anda, kami menyediakan Biang Trichoderma.sp :
- Kemasan Botol Volume 600 ml
- Bentuk Granul
- Harga Rp.100.000 per botol
- Kontak 0812 7466 4892
- Selengkapnya :  KLIK DISINI



1 komentar:

  1. Gimana cara pengaplikasian, dan volume aplikasi berapa mililiter per hektar atau perpohon tanaman lada?

    BalasHapus